Pages

Minggu, 01 Januari 2012

Teknik Mendesain dan Membuat Jaket Kulit

Jaket terdapat dalam banyak model, mulai dari model santai sampai jaket formal. Kecuali anda seorang ahli design pakaian, mungkin anda dapat memodifikasi sendiri sesuai keinginan. Bagaimanapun jaket dilihat tidak hanya pada model tetapi juga pada warna dan jenis bahan. Andapun dapat menyesuaikan desain jaket dengan ukuran dan model kancing atau risleting yang anda pilih.


Berikut ini tips sederhana menentukan desain jaket yang anda inginkan:
1. Tentukan panjang dari jaket yang Anda inginkan
2. Tentukan bagaimana model jaket yang Anda inginkan. Jaket Casual sering longgar, sedangkan jaket gaya cenderung lebih ketat.
3. Pilih gaya lengan untuk jaket. Meskipun sebagian besar jaket lengan panjang, jaket yang dikenakan dengan gaun, sering memiliki lengan pendek. Lengan panjang dapat memiliki kerut atau elastis pada pergelangan tangan.
4. Pilih gaya kerah untuk jaket yang Anda inginkan.
5. Pilih gaya penutup jaket. Jaket mungkin lebih menarik dengan risleting di depan, gunakan penutup dengan satu atau dua baris kancing atau menutup hanya dengan ikat di pinggang.
6. Pilih warna, atau beberapa warna gabungan, dan jenis bahan untuk jaket.

Memilih dan Memodifikasi Pola
1. Lihatlah melalui katalog pola di toko kain atau online untuk menemukan pola jaket yang cocok dengan desain Anda sedetil mungkin.
2. Potong potongan pola yang Anda butuhkan, menggunakan garis ukuran agar mendapatkan ukuran yang sesuai.
3. Lakukan perubahan pola dasar, seperti memperpendek atau memanjang. Tandai pola di mana Anda dapat memotong atau pola lipat untuk membuatnya lebih pendek atau menambahkan kertas untuk membuat lebih panjang.
4. Lakukan modifikasi pada pola leher, kerah atau lengan.
5. Membuat atau memodifikasi pola untuk setiap fitur tambahan yang Anda inginkan di jaket, seperti saku atau ikat pinggang. Pastikan untuk meninggalkan ruang ekstra (1 / 4 sampai 5 / 8 inci) di tepi setiap pola untuk jahitan.



0 komentar:

Poskan Komentar